Wow! Inilah Capaian Kinerja 2019 Bea Cukai Bogor yang Sukses Melampaui Target

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Moh. Saifuddin hadir membuka rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) periode Desember 2019 di ruang rapat lantai 2, Senin (06/01). Ia me-review seluruh capaian kinerja Bea Cukai Bogor selama 2019 dari Indikator Kinerja Utama (IKU) masing-masing seksi dengan hasil yang menggembirakan.

IKU sendiri merupakan salah satu instrument yang digunakan pada Sistem Pengelolaan Kinerja Kementerian Keuangan untuk menerjemahkan sasaran strategis organisasi menjadi suatu yang terukur. IKU juga menjadi tools dalam pengukuran kinerja pegawai maupun unit organisasi.

Dari 16 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dimiliki, Bea Cukai Bogor mendapat rapor hijau untuk semua IKU. Realiasi capaian penerimaan Bea Masuk dan Cukai yang mencapai 122,48%, keberhasilan pengawasan peredaran Barang Kena Cukai Ilegal sebesar 101,83% dari target 75%, dan Indeks Kepuasan Pengguna Jasa sebesar 4,48 dari target 4,36 menjadi hal yang paling menggembirakan. 

Di bidang pengawasan, yaitu seksi Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Bogor, memperoleh capaian 90% dari target 70% untuk IKU hasil penyidikan yang telah dinyatakan lengkap oleh kejaksaan (P21), dan capaian 100% dari target 92% untuk IKU tindak lanjut temuan pelanggaran kepabeanan dan cukai.

Seksi Kepatuhan Internal juga memberikan capaian diatas target untuk keempat IKU yang dimiliki. Realisasi 100% didapat pada IKU rekomendasi hasil audit aparat pengawas fungsional yang ditindaklanjuti (target 85%) dan IKU efektivitas pelaksanaan Dialog Kinerja Organisasi (target 86%). Selain itu, dua IKU lainnya yaitu persentase rekomendasi hasil audit aparat pengawas fungsional yang ditindaklanjuti dan persentase ISO dengan temuan kesalahan minor mendapatkan capaian berturut-turut sebesar 87,5% dari target 100% dan 0% dari target 25%.

Untuk unit pelayanan seperti Seksi Perbendaharaan, Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (PKC) dan Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) juga mendapatkan capaian yang serupa. IKU indeks efektivitas edukasi dan komunikasi yang dimiliki Seksi PLI mendapatkan realisasi sebesar 87,55 dari target 80 dan IKU persentase penyelesaian piutang Bea dan Cukai yang dimiliki oleh Seksi Perbendaharaan mencapai realisasi 100% dari target 90,3%.

Di sisi lain, Seksi PKC juga mendapat hasil yang memuaskan dari kerja kerasnya selama tahun 2019. IKU persentase kepatuhan perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat yang mencapai hasil maksimal, dan IKU persentase realisasi janji layanan KPPBC yang mendapat capaian 116,3% dari target 100% adalah hasil yang patut disyukuri.

Subbagian Umum melalui IKU persentase peningkatan kompetensi pegawai, IKU persentase kualitas pelaksanaan anggaran dan IKU persentase efektivitas implementasi manajemen risiko juga mendapatkan capaian diatas target.

Kepala Kantor berpesan agar seluruh pejabat dan pegawai lebih meningkatkan integritas, melakukan pemantauan perusahaan yang efektif dan efisien melalui CCTV dan IT Inventory, memperbaiki pengelolaan arsip dan berkas pegawai.

Pentingnya Character Building dalam pelaksanaan tugas ke depan, juga mendapat perhatian khusus dari sosok Kepala Kantor yang akan mengakhiri masa jabatannya di awal tahun 2020 ini. Seluruh hasil capaian ini akan diteruskan di tahun berikutnya oleh Kepala Kantor Bea Cukai Bogor yang baru. Saifuddin berharap segenap pegawai Bea Cukai Bogor dapat meningkatkan persatuan dan persaudaraan dalam pelaksanaan tugas sehingga target yang telah ditetapkan dapat direalisasikan dengan optimal.

Share this article.
Close Menu
×