Tingkatkan Keimanan di Bulan Suci, Bea Cukai Bogor Selenggarakan Acara Ngabring : “5 Tanda Diterimanya Taubat”

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan, Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat bersama Satuan Kerja (Satker) dibawahnya menyelenggarakan kegiatan bertajuk Ngaji Bareng dan Sharing (Ngabring). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman agama serta menjalin Ukhuwah Islamiyah antar pegawai di lingkungan DJBC Jawa Barat.

Kali ini Bea Cukai Bogor berkesempatan untuk menyelenggarakan acara ngabring yang diadakan secara hybrid (secara offline dan online) yaitu secara offline oleh pegawai bea cukai bogor yang melaksanakan work from office (wfo) dan secara online melalui zoom meeting oleh pegawai bea cukai bogor yang menjalankan work from home (wfh) serta oleh pegawai dari kantor lainnya di lingkungan kanwil jawa barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (14/04) dengan mengundang ustad Samsam sebagai pembicara.

Mengambil tema “5 Tanda Diterimanya Taubat”, Ustad Samsam dalam ceramahnya menyampaikan “ Ketika kita melakukan kesalahan atau dosa kita harus melakukan taubat. Apalagi Allah SWT menyukai orang-orang yang bertaubat. Imam Nawawi al-Bantani dalam Nashaih al-Ibad, menuliskan sebuah hadis riwayat Abu Abbas, “Allah lebih senang pada taubatnya seorang hamba yang bertaubat melebihi senangnya orang haus yang menemukan air, atau orang mandul yang memiliki anak, atau senangnya orang yang kehilangan barang lalu menemukannya.”

Terdapat 5 tanda diterimanya taubat, yaitu :

  1. Menyesali perbuatan dosa dan tidak mengulanginya lagi;
  2. Mudah menerima nasehat;
  3. Mudah untuk melakukan perbuatan baik dan adanya dorongan dalam diri untuk meningkatkan ibadah;
  4. Dikumpulkan dengan orang – orang yang saleh;
  5. Lebih mudah untuk menangisi dosa – dosa dan menangis karena kebahagiaan yang hakiki.

“Hendaknya di bulan suci dimana menjadi salah satu bulan pengampunan dosa – dosa, kita memperbanyak istigfar dan melakukan amalan baik agar mendapat ampunan dan rahmat dari Allah SWT,” Pungkas Ustad Sam.

Diharapka dengan adanya kegiatan ngabring ini dapat membuat pegawai di lingkungan DJBC jawa barat lebih semangat dan termotivasi untuk berlomba-lomba melakukan amalan kebaikan.

Share this article.