Siap Implementasikan SIMANTAB KB, Kanwil DJBC Jawa Barat Lakukan Kunjungan ke Bea Cukai Bogor

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Sehubungan dengan mandatory aplikasi Sistem Informasi dan Monitoring Analisis Transaksi Arus Barang Kawasan Beikat (SIMANTAB KB) di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat, tim dari Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat berkunjung ke Bea Cukai Bogor pada Kamis (10/06).

Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pembahasan terkait tindak lanjut implementasi SIMANTAB KB. Edwan Isrin, Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, berkesempatan membeikan sambutan dalam acara ini, dalam sambutannya Edwan menyampaikan “Kami sangat senang atas respon positif Kanwil dalam rangka mandatory SIMANTAB KB ini, kedepannya kami harap banyak manfaat yang dapat diperoleh masing-masing Kantor Pelayanan di wilayah Jawa Barat seperti manfaat nyata yang sudah diperoleh Bea Cukai Bogor.”

SIMANTAB KB merupakan sebuah tools pelayanan dan pengawasan terhadap perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat dengan mempersandingkan data pada IT Inventory dan data CEISA. Berdasarkan persandingan data tersebut akan dilakukan pengolahan data melalui tableau sehingga diperolehlah informasi terkait data-data transaksional perusahaan.

“Penyajian informasi Simantab dapat berupa dasboard yang dapat diakses secara online dan realtime namun perlu dikonsultasikkan kepada Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai (IKC) untuk memfasilitasi tersedianya data IT Inventory dari KPPBC secara terpusat”. Jelas Habibi, Pemeriksa Bea Cukai (PBC) Pertama.

Kegiatan diskusi kali ini berlangsung dengan sangat antusias dan kondusif. Puput Hernyadi, Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJBC Jawa Barat menyampaikan “SIMANTAB KB akan menjadi tools yang sangat berguna dalam rangka menyelenggarakan pelayanan dan pengawasan yang lebih modern dan efektif, kedepannya aplikasi ini tidak hanya akan didayagunakan di wilayah Kanwil DJBC Jawa Barat saja, namun akan dikembangkan menjadi proyek nasional.”

Tinjauan dari Kanwil DJBC Jawa Barat ini akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan kegiatan konsultasi terkait data analytics ke Kantor Pusat DJBC, diharapkan dari konsultasi tersebut dapat diperoleh dukungan dan bimbingan penuh untuk pengembangan SIMANTAB KB kedepannya.

Share this article.