Sambung Tali Silaturahmi dan Saling Memaafkan di Bulan yang Mulia

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya, kini saatnya kita merayakan hari kemenangan, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri kali ini masih di tengah suasana pandemi, namun ada hal berbeda yaitu kebijakan pemerintah yang membolehkan mudik ke kampung halaman masing – masing dengan syarat sudah divaksin booster.

Kebijakan tersebut tentu menjadi angin segar bagi para perantau karena selama 2 tahun berturut – turut tidak mudik saat Hari Raya. Begitu pula para pegawai Bea Cukai Bogor yang sebagian besar mudik ke kampung halaman pada kesempatan lebaran tahun ini.

Setelah menikmati libur panjang, tiba saatnya para pegawai harus kembali masuk kantor, untuk menggenapkan amal kebaikan yang sudah kita jalankan selama bulan Ramadhan, Bea Cukai Bogor menggelar acara Halal Bi Halal pada Selasa (10/05/2022) yang diikuti oleh seluruh pegawai wfo secara langsung di ruang open space dan secara daring oleh pegawai dinas luar dan kumandah.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia Ramadhan 1443 H, Hanugroho Widiasto, Pemeriksa Bea Cukai Pertama yang menyampaikan rangkaian kegiatan – kegiatan yang telah dilaksanakan selama Ramadhan antara lain, tilawah bersama, pembagian zakat dan sedekah serta pembagian takjil dan takjil on the road. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Ade.

tilawah bersama dan ngabring
takjil on the road
takjil on the road
pembagian zakat dan sedekah

*Rangkaian Kegiatan Ramadhan

tebak kuliner

Acara semakin menarik dengan adanya games “tebak kuliner”, yaitu menebak nama makanan khas daerah yang sebelumnya sudah dibawa oleh para pegawai sebagai oleh – oleh mudik.

Ada juga cerita-cerita menarik dari para pegawai setelah 2 tahun tidak mudik, salah satunya cerita dari Kuswanto, Kepala Seksi PKC VI yang menceritakan pengalaman mudiknya ke Palembang “ Tahun ini saya mudik ke Palembang dengan menggunakan mobil pribadi dan lanjut dengan moda transportasi laut melalui Pelabuhan Merak – Bakauheni, saya memilih mudik pada tanggal 3 Mei yaitu pada lebaran hari kedua, alhamdulillah tidak macet sama sekali karena lalu lintas sangat lengang. Selama 2 tahun tidak mudik ada banyak perubahan di kampung halaman saya, salah satunya sudah dibangun flyover yang pastinya mempercepat perjalanan mudik saya.”

Tibalah saatnya pada acara inti yaitu tradisi Halal Bi Halal yang dilakukan dengan saling berjabat tangan untuk saling memaafkan, tentunya jabat tangan dengan gerakan “namaste” untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan makan bersama makanan khas daerah yang sudah dibawa oleh para pegawai. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat kembali mempererat tali silaturahmi yang telah terjalin antar pegawai.

Share this article.

Leave a Reply