PKL Pelatihan Teknis Dasar Kepabeanan dan Cukai Angkatan II TA 2019

BOGOR, 11 September 2019 – Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa Pelatihan Dasar Kepabeanan dan Cukai Angkatan II TA 2019 berakhir sudah. Acara penutupan PKL dilakukan di PT Daehan Global, salah satu perusahaan Kawasan Berikat yang telah ditunjuk oleh Bea Cukai Bogor sebagai tempat para siswa melakukan PKL.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap kepada pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam rangka pelaksanaan tugas teknis di bidang Kepabeanan dan Cukai. Selama 8 (delapan) hari yaitu pada tanggal 2 s.d. 11 September 2019, para siswa melakukan PKL dengan bimbingan dari Pejabat Hanggar Bea Cukai Bogor antara lain Eko Novrizal, Achmad Armin M, Eka Rinarti dan M. Iqbal Reza dengan pendampingan dari Kepala Urusan Tata Usaha dan Kepegawaian, Novillia Ardanariswari. Para Pejabat Hanggar tersebut bertugas memberikan penilaian kepada siswa dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bea dan Cukai sebagai penyelenggara diklat.

Sebanyak 30 siswa yang melakukan PKL di Bea Cukai Bogor dibagi menjadi beberapa kelompok dan ditugaskan di 4 lokasi Cluster yang berbeda di wilayah Cileungsi, Cibinong dan Citeureup. Hal-hal yang dilakukan siswa PKL adalah mempelajari aktifitas tentang kawasan berikat yang merupakan domain tugas dari Bea Cukai Bogor. Selama mengikuti PKL, siswa diwajibkan menulis laporan PKL secara individu berupa laporan kegiatan dalam bentuk routing slip. Salah satu peserta diklat, Jasfid, memberikan testimoni tentang pengalamannya ketika PKL di Bea Cukai Bogor.

“Alhamdulillah, berkesan banget. Kita banyak belajar disini. Kita jadi tahu bagaimana proses bisnis kawasan berikat, proses impor, ekspor, CK-5 dan dokumen lainnya. pengalaman juga bertambah. mantul pokoknya” ucap Jasfid.

Selain mempelajari aktifitas Kawasan Berikat di Bea Cukai Bogor, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Bea dan Cukai juga memilih Bea Cukai Tangerang, Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Tanjung Priok dan KPU Bea Cukai Soekarno-Hatta sebagai tempat dilaksanakannya PKL. Di kantor tersebut, para siswa mempelajari hal-hal terkait fasilitas kepabeanan, pemeriksaan barang, pelayanan manifes, rush handling, cukai serta kegiatan unit pengawasan dan perbendaharan.

Kegiatan PKL ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan para siswa di bidang Kepabeanan dan Cukai, sehingga teori dan praktik yang telah dipelajari selama diklat, dapat menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas ke depan

Share this article.

Leave a Reply

Close Menu