PEMDA DI WILAYAH KERJA BEA CUKAI BOGOR TUNTAS LAKUKAN KOORDINASI PEMANFAATAN DBHCHT TAHUN ANGGARAN 2022.

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Setelah Pemkab Sukabumi, Pemkab Bogor, Pemkab Cianjur, Pemkot Bogor dan Pemkot Sukabumi melaksanakan koordinasi dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) Tahun 2022 di akhir Desember kemarin, Pemkot Depok pada (13/01) menjadi pemerintah daerah yang menutup agenda koordinasi sebelum kemudian melanjutkan ke agenda realisasi anggaran dengan kegiatan kegiatan sosialisasi ke masyarakat.

Kunjungan ini bertujuan sebagai bentuk awalan dari pelaksanaan kegiatan pemanfaatan DBHCHT yang sekaligus menjadi salah satu aspek penilaian dalam pengelolaan DBHCHT dalam menentukan rencana kegiatan dan menganggarkan pembiayaan kegiatan selama satu tahun. Hal ini bertujuan agar dalam pelaksanaannya pemda dapat mengelola anggaran secara efektif, tepat guna, dan tepat sasaran.

Pengoptimalan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sendiri dapat digunakan untuk mendanai peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan pemberantasan barang ilegal, dengan prioritas pada bidang kesehatan untuk mendukung program jaminan kesehatan nasional terutama peningkatan kuantitas dan kualitas layanan kesehatan dan pemulihan perekonomian di daerah.

 Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Wahyu Setyono Widyobroto. Dalam sambutannya Wahyu menyambut hangat kedatangan Pemkot Depok, dan berharap setiap kegiatan terkait pengelolaan DBH CHT terutama di bidang penegakan hukum selalu dikoordinasikan dengan Bea Cukai.

Dalam kunjungannya pun, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Depok, Dr. Sidik Mulyono, B.Eng, M.Eng menyampaikan “Kami sangat berterimakasih kepada Bea Cukai Bogor karena selama pelaksanaan setiap program kerja terkait realisasi DBH CHT selalu memberikan arahan dan bantuan. Semoga di tahun 2022 seiring dengan kegiatan kegiatan yang akan diselenggarakan, Pemerintah Kota Depok dan Bea dan Cukai Bogor terus dapat menjalin sinergi baik kedepannya.”

Melihat potensi Kota Depok, dirasa dapat menjadi potensi sebaran penduduk yang cukup luas untuk gencar diberikan penyuluhan dan edukasi untuk lebih memahami tentang Barang Kena Cukai yang legal.

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kota Depok menyampikan rencana kerja beserta alokasi anggaran biaya dan meminta arahan dan bimbingan kegiatan yang tepat dalam memperoleh bobot penilaian kinerja DBHCHT yang maksimal kepada Tim Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea dan Cukai Bogor. Kegiatan Kunjungan berjalan dengan sangat antusias dan ditutup dengan foto bersama. Diharapkan seluruh kegiatan yang telah disusun oleh pemda kota Depok dapat dilaksanakan secara optimal, sehingga dapat meningkatkan nilai terkait data capaian kinerja Pemda Depok di tahun anggaran 2022.

Share this article.