Pantau Harga Transaksi Pasar, Bea Cukai Bogor Turun ke Lapangan

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-18/BC/2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Perkembangan Harga Transaksi Pasar Produk Hasil Tembakau, Bea Cukai Bogor melaksanakan kegiatan pemantauan Harga Jual Eceran (HJE) pada Tempat Penjualan Eceran (TPE) di beberapa kecamatan di wilayah tugas KPPBC TMP A Bogor selama sepekan terakhir pada 7 s.d 11 Juni 2021. Pemantauan HJE ini nantinya akan menjadi dasar dalam pengukuran perkembangan Harga Transaksi Pasar (HTP) di Bogor. Pemantauan HTP tersebar ke 8 (Delapan) wilayah kecamatan yang tersebar di Kota Bogor, Kota Depok, dan Kabupaten Cianjur yaitu Kecamatan Sukajaya, Kemang, Klapanunggal, Jonggol, Cariu, Haurwangi, Cikadu, dan Cinere.

Pemantaun tersebut selain untuk memantau HJE, juga untuk membandingkan jenis rokok dan pita cukai yang digunakan sehingga diketahui bahwa rokok yang beredar merupakan rokok yang tidak hanya memiliki pita cukai tapi juga memiliki pita cukai yang tepat.

Kegiatan ini dilakukan petugas dengan cara mendata harga produk rokok yang berada pada etalase toko, baik toko modern maupun toko tradisional.

Pada kesempatan ini, petugas juga memberikan penyuluhan dan edukasi kepada penjual tentang rokok ilegal. Ciri-ciri rokok ilegal seperti tidak berpita cukai, menggunakan pita cukai bekas, pita cukai palsu, dan tidak sesuai peruntukkannya. Pasalnya, rokok dengan pita cukai ilegal tidak hanya berbahaya dikonsumsi tetapi juga merugikan negara dan mengancam industri hasil tembakau.

Harapan kedepan tentunya masyarakat semakin paham mengenai pentingnya menjaga stabilitas harga barang di pasar dan pentingnya membasmi rokok ilegal.

Share this article.