Optimalkan Penerimaan, Bea Cukai Bogor Laksanakan Operasi Pengawasan HPTL Ilegal

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Dalam rangka optimalisasi penerimaan dan demi menjaga kepatuhan pengusaha Barang Kena Cukai (BKC), Bea Cukai Bogor melaksanakan operasi pengawasan Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) ilegal di Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Kota Depok, Rabu hingga Jumat (8-10 Juli 2020).

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan physical distancing, Tim Bea Cukai Bogor melakukan pemeriksaan terhadap 13 vape store & 6 pabrik HPTL.

Dalam pemeriksaan tersebut, satu vape store kedapatan menjual HPTL yang tidak dilekati pita cukai dan satu pabrik HPTL memproduksi di tempat lain yang tidak sesuai pada Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC).

Modus pelanggaran tersebut akan berdampak pada penerimaan negara di sektor cukai yang menjadi tidak terpenuhi serta dapat menimbulkan potensi kerugian negara.

Atas kasus ini, pelaku diduga melanggar ketentuan di bidang Cukai sesuai pasal 54 dan pasal 14 ayat (7) Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai.

Terhadap barang bukti, Tim telah melakukan penyegelan dan ditindaklanjuti dengan Surat Bukti Penindakan.

Selain melakukan penindakan, Tim juga memberikan edukasi dan penyuluhan kepada pengusaha HPTL agar selalu mematuhi ketentuan sehingga nantinya dapat mengurangi peredaran HPTL Ilegal dan meningkatkan penerimaan negara.

Share this article.

Leave a Reply

Close Menu
×