Monitoring Evaluasi IT Inventory

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Pembinaan terus menerus yang dilakukan oleh Bea Cukai Bogor terhadap perusahaan Kawasan Berikat menjadi salah satu perwujudan tugas fungsinya sebagai industrial assistance. Termasuk salah satunya yaitu pembinaan terhadap IT Inventory berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 131/PMK.04/2018 tentang Kawasan Berikat.

Terhitung 1 Desember 2019, perusahaan yang belum menerapkan IT Inventory sebagai subsistem dari akuntansi, akan dilakukan pembekuan izin Kawasan Berikat. Kepala Kantor, Moh. Saifuddin pada Senin (25/11) mengumpulkan para Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Para Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai untuk turut membahas perkembangan IT Inventory pada 138 perusahaan Kawasan Berikat di lingkungan Bea Cukai Bogor.

Dalam paparannya, Saifuddin mengatakan IT Inventory merupakan tools yang harus bisa memenuhi kebutuhan bagi pengguna dalam hal pemanfaatan data. Cut-off database-nya bisa menggunakan dua jenis patokan yaitu berdasarkan saldo buku atau berdasarkan kegiatan stock opname.

“IT Inventory harus bermanfaat bagi perusahaan yang handal, sehingga tidak ada lagi tagihan audit yang signifikan memberatkan perusahaan” ucapnya.

Kepala Kantor berharap para Kasubsi Hanggar dapat bekerja lebih smart menggunakan sumber daya yang ada dalam hal melakukan pelayanan dan pengawasan serta dapat melakukan pembinaan kepada perusahaan ada di wilayah tugasnya.

Mengenai progress penyempurnaan IT Inventory pada perusahaan Kawasan Berikat di lingkungan Bea Cukai Bogor, menunjukkan tren yang positif. Berdasarkan deskripsi para Kasubsi Hanggar yang membawahi masing-masing cluster, didapati 79% perusahaan Kawasan Berikat telah berkategori A, 16% berkategori B, dan sisanya merupakan perusahaan yang sedang dalam proses penutupan.

Dari data tersebut, sebanyak 70% (91 Perusahaan) telah running menggunakan IT Inventory, 19% (25 perusahaan) dalam tahap pelatihan, 8% (11 perusahaan) dalam tahap trial dan penyempurnaan dan 4% (4 Perusahaan) dalam tahap perbaikan internal oleh perusahaan.

Beberapa kendala yang dihadapi perusahaan telah dirumuskan dan akan ditindaklanjuti untuk dilakukan monitoring, asistensi langsung oleh Kepala Seksi kepada perusahaan yang akan segera dijadwalkan dalam waktu dekat.

Share this article.

Leave a Reply

Close Menu