Monev di Bidang Organisasi dan Ketatalaksanaan Bahas Revisi SOP Kawasan Berikat

bcbogor.beacukai.go.id – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Sekretariat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) mengunjungi Kantor Bea Cukai Bogor, Selasa 30 Juli 2019. Kedatangan mereka disambut baik oleh Plh. Kepala Kantor, Toni Karlinda beserta beberapa perwakilan seksi PKC lainnya.

Tri Wahyudi, selaku Kasubbag Tata Laksana I, Sekretariat DJBC yang dipercayakan untuk memberikan informasi terkait tujuan kedatangannya bersama Tim menjelaskan, kedatangan mereka untuk melakukan monev Standar Operating Procedure (SOP) bidang organisasi dan ketatalaksanaan Bea Cukai Bogor terutama tentang Kawasan Berikat.

Monev yang dilaksanakan sekurang-kurangnya sekali dalam satu tahun ini, telah tertulis jelas pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 131/PMK.01/2015 dan PER-21/BC/2016 dengan aspek yang dinilai meliputi aspek administratif, aspek teknis dan aspek capain hasil dan manfaat.

Dalam agenda monev yang dilaksanakan pada 29 Juli sampai dengan 31 Juli 2019, telah dibahas 7 SOP terkait Kawasan Berikat serta SOP utama Bea Cukai Bogor. Tim monev melakukan wawancara terkait kendala pelaksanaan SOP dan masukan tentang pelaksanaannya dengan cara menyebar questioner kepada semua pihak yang terlibat.

Tak hanya itu, Tim Monev juga melakukan pengambilan sample dokumen input, dokumen proses dan dokumen output kepada salah satu stakeholder di wilayah pengawasan Bea Cukai Bogor. Tim monev kemudian melaporkan hasilnya dengan melampirkan matriks monev, kuesioner, kertas kerja, berita acara serta laporan monev.

Selain untuk meneliti dan menganalisis efektivitas proses dan pelaksanaan tugas unit organisasi, Pelaksanaan kegiatan Monev di bidang organisasi dan ketatalaksanaan ini bertujuan untuk meningkatkan integritas dalam kegiatan pelayanan Kepabeanan dan Cukai pada perusahaan.

Sebelumnya, Tim Monev Kantor Pusat DJBC telah melakukan kegiatan serupa di beberapa Kantor Bea Cukai lainnya, antara lain KPPBC TMP C Jember, BLBC Kelas II Surabaya, KPPBC TMP C Pematang Siantar, BLBC Kelas II Medan dengan sasaran yaitu monev SOP, Monev Jabatan Fungsional Pemeriksa Bea dan Cukai (JFPBC) Sub Unsur Analisis Laboratorium, dan Monev Organisasi Instansi Vertikal DJBC.

Share this article.

Leave a Reply

Close Menu