Manfaatkan RPH, Bea Cukai Bogor Sukses Selenggarakan Penyembelihan Hewan Kurban

Bogor, 13 Agustus 2019 – Idul Adha, selain dikenal dengan ‘Hari Raya Haji’, masyarakat juga mengenal perayaan hari besar umat islam ini dengan Idul Kurban. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan kurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

DKM Baitussalam Bea Cukai Bogor kembali menggugah para pegawainya untuk senantiasa mensyukuri nikmat Allah SWT tersebut melalui penyelenggaraan Kurban 1440 H. Tak hanya pegawai, Forum Komunikasi Perusahaan (FKP) dan beberapa stakeholder Perusahaan Kawasan Berikat ikut serta dalam penyelenggaraan Kurban. DKM Baitussalam berhasil mengumpulkan 5 (lima) ekor sapi dan 10 (sepuluh) ekor kambing untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat.

Demi efisiensi pelaksanaan Kurban, Pada tahun ini penyembelihan dilaksanakan di Rumah Potong Hewan (RPH) yang terletak di Bubulak, Kota Bogor. RPH ini telah memiliki sertifikat halal dari MUI dan menjamin proses penyembelihan hewan dilakukan sesuai syariat islam.

Prosesi Kurban dipercayakan sepenuhnya kepada RPH mulai dari penyembelihan, pencacahan dan pengemasan dengan pengawasan dari organisasi dokter hewan dibantu dengan civitas akademika Institut Pertanian Bogor (IPB). Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan Kurban yang akan didistribusikan tersebut.

Untuk pengemasannya, DKM Baitussalam Bea Cukai Bogor telah menggunakan kantung plastik yang ramah lingkungan. Sekitar pukul 14.00 WIB, sebanyak lebih dari 600 kantung telah didistribusikan kepada warga dan para pramubhakti, cleaning service serta Petugas Keamanan Dalam (PKD) di lingkungan Bea Cukai Bogor.

Selain prosesi penyembelihan di RPH, diadakan pula Syukuran Peringatan Idul Adha di Aula Lantai 3 Bea Cukai Bogor yang dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Bea Cukai Bogor. Kepala Kantor, Moh Saifuddin mengucapkan terima kasih atas segala partisipasi terhadap pelaksanaan kegiatan di kantor termasuk Hari Raya Kurban dan memberikan ceramah singkat tentang makna peringatan Idul Adha.

“Dalam moment Idul Kurban ini, bukanlah sekedar menghitung banyaknya jumlah hewan kurban yang disembelih, tapi sejauh mana nilai-nilai keikhlasan ketakwaaan kita dalam melaksanakan tuntutan kurban benar-benar kita tujukan lillahi taala” tuturnya.

Semoga di Idul Adha tahun ini kita diberi keteguhan dalam beriman sehingga dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Share this article.

Leave a Reply

Close Menu