Kunjungan ke Pusat Logistik Berikat PT Ikrar Bersama Mandiri

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Sebagai bentuk upaya untuk mendorong ekspor di Indonesia, Bea Cukai Bogor melakukan kunjungan ke salah satu Pusat Logistik Berikat (PLB) di wilayah Bogor. Kepala Kantor, Moh. Saifuddin bersama Tim pada Selasa (19/11) mengunjungi PLB PT Ikrar Bersama Mandiri yang berada di Jalan Raya Jonggol, Bogor.

Bertemu dengan pihak Exim perusahaan, Kepala Kantor memberikan penguatan terhadap fasilitas yang telah diterima oleh PT Ikrar Bersama Mandiri.

“Bea Cukai semakin memberikan kemudahan dan peningkatan pelayanan dalam pengurusan dokumen kepabeanan khususnya yang mendapat fasilitas seperti PLB. Disini, dibutuhkan kepatuhan pengguna jasa terhadap prosedur dan aturan kepabeanan dan harus terus ditingkatkan” ucap Kepala Kantor.

PLB Ikrar Bersama Mandiri merupakan PLB yang belum lama melakukan kegiatan Kepabeanan khususnya di wilayah Bogor dengan importasi berupa spare part hp dan textile. Kegiatan Kepabeanan yang baru dilakukan PLB ini yaitu Pemberitahuan Impor Barang Untuk Ditimbun di Pusat Logistik Berikat (BC 1.6) dan Pemberitahuan Impor Barang dari Pusat Logistik Berikat (BC 2.8).

PLB sendiri dapat diartikan sebagai gudang multifungsi untuk menimbun barang impor atau lokal dengan fasilitas perpajakan, kepabeanan, serta fleksibilitas operasional lainnya. Beberapa manfaat PLB antara lain penangguhan bea masuk, penangguhan pajak, penangguhan izin impor, kepemilikan barang yang fleksibel, jangka waktu timbun barang yang fleksibel (3 tahun atau lebih), serta asal dan tujuan barang yang fleksibel (impor, lokal, ekspor).

Pemberian izin PLB ini selaras dengan upaya pelaksanaan fungsi Trade Facilitator dan Industrial Assistance yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Oleh karena itu, setiap kendala yang muncul, akan selalu diupayakan oleh Bea Cukai untuk diselesaikan sesegera mungkin.

Bea Cukai Bogor mendukung penuh perusahaan dan industri khususnya PLB Ikrar Bersama Mandiri dalam menjalankan kegiatannya tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kerjasama dan komunikasi yang baik antara PLB Ikrar Bersama Mandiri dan Bea Cukai Bogor menjadi penentu dalam melaksanakan kepentingan dan tugasnya masing-masing.

Share this article.

Leave a Reply

Close Menu