Kemudahan Ekspor melalui Aturan Baru Pemungutan Bea Keluar

bcbogor.beacukai.go.id – Jakarta – Seiring dengan dinamika perdagangan dunia dan berkembangnya proses bisnis dalam pelayanan ekspor, pemerintah terus mengupayakan penyempurnaan terhadap kebijakan pemungutan bea keluar.

Pemerintah melalui Kementrian Keuangan telah menetapkan peraturan terbaru tentang pemungutan bea keluar melalui PMK Nomor 106 Tahun 2022 tentang Pemungutan Bea Keluar. Langkah tersebut merupakan #UpayaNyata simplifikasi peraturan di lingkungan Kementrian Keuangan dan bentuk optimalisasi pelayanan terhadap proses bisnis ekspor.

Peraturan ini dibuat untuk memberikan kepastian hukum dan meningkatkan pelayanan kepabeanan terhadap ekspor yang dikenakan bea keluar dengan memangkas birokrasi agar lebih sederhana untuk lebih mengakomodasi kepentingan para pelaku usaha, terutama eksportir.

Berikut simplifikasi prosedur dalam PMK 106 Tahun 2022 :

  1. Menghapus ketentuan pembetulan tanggal perkiraan ekspor, dikembalikan sesuai ketentuan pembetulan PEB dalam ketentuan ekspor umum.
  2. Menghapus ketentuan pembatalan PEB, dikembalikan sesuai ketentuan pembatalan PEB dalam ketentuan ekspor umum.
  3. Menghapus seluruh ketentuan terkait barang ekspor dengan karakteristik tertentu.
  4. Permohonan pengecualian pengenaan bea keluar cukup disampaikan kepada Kepala Kantor, tidak perlu disampaikan kepada Direktur Jenderal.
  5. Perubahan data bea keluar, di mana diberikan kesempatan pada eksportir untuk melakukan perubahan data secara sukarela. Dengan perubahan data secara sukarela ini, eksportir tidak dikenakan sanksi administrasi apabila terdapat kekurangan pembayaran bea keluar selama bukan merupakan temuan pejabat DJBC.
  6. Pemberian simplifikasi waktu, dimana persetujuan atau penolakan terhadap permohonan pengecualian bea keluar akan diberikan waktu paling lambat 5 hari kerja, dari yang sebelumnya 14 hari kerja.

Simplifikasi ini bertujuan memudahkan proses ekspor karena mampu memangkas birokrasi menjadi lebih sederhana dan bisa mengakomodasi kepentingan para pelaku usaha terutama eksportir dan para calon eksportir.

Share this article.