Kembali Ringkus Penyelundup, Bea Cukai Amankan 25 Botol BKC MMEA Illegal

bcbogor.beacukai.go.id – Depok – Dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Community Protector, Bea Cukai secara aktif gencar berantas tindakan penyelundupan Barang Kena Cukai (BKC) illegal. Kali ini Bea Cukai Bogor berhasil gagalkan penyelundupan paket berisi Barang Kena Cukai Minuman Mengadung Etil Alkohol (BKC MMEA) illegal di Cimanggis, Depok, Jumat (28/05), sore.

Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Edwan Isrin, mengatakan pihaknya mendapatkan informasi dari KPPBC TMP C Blitar dan menemukan indikasi pengiriman BKC MMEA illegal yang dikirim melalui Perusahaan Jasa Titipan (PJT) dari Denpasar, Bali oleh pengirim (T) kepada penerima (K) di Cimanggis, Depok.

“Untuk mengelabui petugas, paket diberitahukan sebagai Hand Sanitizer. Atas paket tersebut ditemukan 25 botol BKC MMEA tanpa dilekati pita cukai yang diduga berisi Arak Bali.” ujar Edwan.

Dengan telah melanggar Pasal 54, UU No 39 Tahun 2007 tentang Cukai, Barang Hasil Penindakan (BHP) tersebut telah diamankan dan dibawa ke KPPBC TMP A Bogor untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Edwan menambahkan, “Melalui penindakan ini, kami berharap dapat mencegah masuk dan beredarnya Barang Kena Cukai illegal, serta terus melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaannya”.

Share this article.