Ini Pesan Penting Kepala Kantor Bea Cukai Bogor di Awal Kepemimpinannya

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR (13/01/2019) – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan, Bea Cukai Bogor menggelar rapat bersama seluruh Kepala Seksi dan Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai di Aula lantai 3. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor, Tatang Yuliono dengan pembahasan terkait dua hal penting.

Pertama, Kepala Kantor mengingatkan kepada para pegawainya untuk senantiasa menjaga integritas dalam pelaksanaan tugas. Ia akan berkoordinasi dengan Seksi Kepatuhan Internal dalam hal peningkatan integritas dan akan membuka ruang komunikasi seluas-luasnya dengan Kepala Seksi untuk memastikan tidak ada gratifikasi di kantor Bea Cukai Bogor.  

Kedua, terkait pembahasan rencana program kerja seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (PKC) pada tahun 2020 khususnya terkait IT Inventory.

“IT Inventory menjadi pekerjaan rumah saya ke-2. Saya akan buktikan kalau IT Inventory itu dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya untuk memastikan Kawasan Berikat bisa dimonitor melalui tools ini” ucap Kepala Kantor.

Kepala Subseksi Hanggar diminta untuk melakukan stock opname terhadap perusahaan, mempelajari 7 menu kategori dalam IT Inventory dan melakukan uji petik masing-masing perusahaan.

Kemudian, dengan adanya perputaran penugasan Kepala Subseksi yang telah dilaksanakan baru-baru ini, Kepala Kantor berharap Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai melakukan mitigasi pada kawasan berikatnya, mengenali proses bisnisnya dan memberikan pelayanan dengan baik sehingga dapat menarik investor untuk datang.

“Pendekatan saya di Kantor ini ada 3, yaitu pembinaan, pencegahan dan penindakan. Saya mau Bea Cukai Bogor melayani dengan baik sehingga para perusahaan menjadi senang dengan pelayanan kita. Hal ini bermanfaat untuk menarik para investor” lanjutnya.

“Dan saya minta semua (Kasubsi) Hanggar tahu rencana ekspor-impor masing-masing perusahaan, juga perlunya peningkatan kompetensi terkait IT Inventory pada masing-masing pegawai” tuturnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Tatang Yuliono saat memberikan pengarahan kepada Pejabat Eselon IV dan V di lingkungan Bea Cukai Bogor

Ke depan akan ada kelas mentoring analisis IT Inventory masing-masing hanggar untuk meningkatkan kompetensi di lapangan. Penunjukkan mentor, jadwal dan materi akan dilakukan sesegera mungkin. Hal ini nantinya bermanfaat dalam hal peningkatan pembinaan IT Inventory yang sudah dilakukan pada 2019 lalu.

“Karena saat ini, Fasilitas Bea Cukai telah menjadi perhatian utama selain penerimaan dan penindakan. Untuk itu, mari kita jaga kerja keras yang sudah dilakukan di tahun lalu dengan terus meningkatkan pembinaan IT Inventory terhadap semua perusahaan” pungkasnya.

Share this article.
Close Menu
×