Dukung Implementasi SIMANTAB, Bea Cukai Bogor Adakan Internalisasi Kepada Pegawai

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Sehubungan dengan telah ditetapkannya aplikasi SIMANTAB di KPPBC TMP A Bogor, Bea Cukai Bogor gelar kegiatan internalisasi kepada seluruh pegawai pada Rabu (13/10). Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid yaitu langsung di aula lantai 3 kantor Bea Cukai Bogor dan secara virtual melalui zoom meeting ini bertujuan untuk mendukung implementasi SIMANTAB.

Agenda dimulai dengan sambutan oleh kepala kantor Bea Cukai Bogor, Asep Ajun Hudaya. Dalam sambutannnya Asep menyampaikan “SIMANTAB merupakan salah satu inovasi yang luar biasa dari Bea Cukai Bogor, diharapkan dengan adanya kegiatan internalisasi hari ini seluruh pegawai dapat lebih memahami proses bisnis SIMANTAB sehingga kita dapat menerapkannnya secara konsisten.”

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yang dibagi kedalam 3 pokok bahasan utama, yaitu pengenalan aplikasi SIMANTAB, Sistem Pengendalian Internal Perusahaan (Internal Control) dan Tata Laksana Monitoring dan Evaluasi sesuai PER-02/BC/2019.

“Sistem Informasi Monitoring dan Analisis Transaksi Arus Barang atau yang lebih kita kenal dengan SIMANTAB merupakan proses analisis yang menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan analisis risiko dan analisis transaksional. SIMANTAB merupakan platform terbuka yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan kedepannnya,” jelas Edwan Isrin, Kepala Seksi PKC IX.

Manfaat  dibangunnya SIMANTAB anatara lain :

  1. Mendapatkan data IT Inventory yang dapat diandalkan/dipercaya (Reliable) untuk dianalisis,
  2. Mendeteksi transaksi tidak wajar berdasarkan laporan IT Inventory dan data CEISA TPB,
  3. Hasil analisis akan menjadi peringatan dini (Early Warning) untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut.

Dengan adanya berbagai manfaat tersebut, SIMANTAB dapat dijadikan sebagai tools pengawasan modern terutama bagi Kawasan Berikat.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diikuti oleh para peserta dengan sangat antusias. Diharapkan dengan adanya kegiatan internalisasi ini dapat memperdalam pemahaman pegawai tentang SIMANTAB.

Share this article.