Dukung Fleksibilitas Kerja FWS, Bea Cukai Bogor Internalisasikan Fitur My Task dan e-logbook Kemenkeu

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Untuk memaksimalkan fitur My Task (Tugas Saya) pada aplikasi Office Automation Kementerian Keuangan dan menu e-logbook pada aplikasi CEHRIS DJBC, Bea Cukai Bogor melaksanakan Internalisasi melalui zoom meeting, Selasa (30/06).

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Tatang Yuliono dan materi disampaikan oleh Kepala Urusan Tata Usaha dan Kepegawaian, Aries Fourisa serta Kepala Subseksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pelayanan dan Administrasi, Muksin Ridwani.

Pengisian fitur My Task yang dapat diakses di office.kemenkeu.go.id diwajibkan untuk seluruh unit di lingkungan Kementerian Keuangan sebagai sistem komunikasi antara atasan dan bawahan dengan menggunakan teknologi intranet dan internet dalam rangka mendukung implementasi Flexible Working Space (FWS).

Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan dan menjaga produktivitas pegawai serta menjamin keberlangsungan pelaksanaan tugas dengan memberikan fleksibilitas lokasi bekerja selama periode tertentu. Hasil dari pengisian fitur My Task dapat digunakan untuk memetakan beban kerja pegawai sebagai salah satu bahan pertimbangan pimpinan dalam pengambilan keputusan.

“Pelaporan pekerjaan dan monitoring pelaksanaan tugas ini diwajbkan kepada seluruh pegawai dari level pelaksana sampai dengan Pejabat Eselon III dan seluruh pejabat fungsional terhitung mulai 29 Juni 2020. Apabila lupa mengisi, maka pengisian bisa dilakukan dengan jangka waktu maksimal 2 hari sebelumnya dengan terlebih dahulu memilih dan menyesuaikan tanggal tugas” terang Aries dalam pemaparannya mengenai fitur My Task.

Lebih lanjut Aries menguraikan tentang tata cara pengisian fitur My Task dan hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam penggunaan fitur ini seperti melakukan update data Human Resources Integrated System (HRIS) dan memastikan role jabatan sesuai dengan tugas dan fungsi pada saat melakukan pengisian.

Tahapan pengisian My Task pada aplikasi NADINE Kemenkeu. Hasil dari pengisian My Task dapat digunakan untuk memetakan beban kerja pegawai dan sebagai salah satu bahan pertimbangan pimpinan dalam pengambilan keputusan.

Sementara itu, menu e-logbook yang akan segera diimplementasikan 1 Juli 2020 semakin gencar disosialisasikan oleh Unit Kepatuhan Internal, baik di level Kantor Pusat maupun Wilayah/Pelayanan.

Implementasi ini telah melalui serangkaian tahapan yang dimulai dari penyiapan bahan publikasi, sosialisasi, bimbingan teknis dan pengumpulan data, validasi dokumen kinerja hingga nantinya seluruh pegawai siap melakukan pengisian data pada menu Kontrak Kinerja Aplikasi CEHRIS.

“Menu Kontrak Kinerja pada aplikasi CEHRIS akan mulai diimplementasikan pada 1 Juli 2020. Untuk unit dibawah Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat, penginputan Kontrak Kinerja Organisasi akan dilakukan pada 8 Juli sampai dengan 14 Juli 2020” tegas Muksin.

Muksin pun menjelaskan terkait Menu Kontrak Kinerja pada Aplikasi CEHRIS yang nantinya terdiri dari sub menu organisasi (kontrak kinerja organisasi) dan sub menu logbook (kinerja pegawai).

Sebelum e-logbook diimplementasikan, unitnya bersama Subbagian Umum dan Seksi Penyuluhan Layanan Informasi akan semakin intensif memberikan informasi kepada seluruh pegawai melalui saluran komunikasi yang tersedia.

Share this article.
Close Menu
×