Diklat e-Learning UU Cukai Segera Berakhir, Bea Cukai Bogor Ingatkan Pegawai untuk Menyelesaikan Pembelajaran.

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Dalam rangka meningkatkan pemahaman para pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) terkait dasar-dasar Cukai dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas di bidang Kepabeanan dan Cukai, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bea dan Cukai menyelenggarakan diklat e-learning Undang Undang Cukai pada 18 sampai dengan 29 September 2020 yang diikuti oleh pegawai yang telah ditunjuk.

Melalui media perpesanan whatsapp group, Unit Kepegawaian Bea Cukai Bogor terus mengingatkan kepada seluruh pegawai agar segera menyelesaikan tahapan diklat karena semakin dekatnya batas waktu pada esok hari. Partisipasi seluruh pegawai pada diklat e-learning Undang-Undang Cukai Angkatan VII ini sangat dibutuhkan untuk pemenuhan IKU nasional minimal 24 jamlat per pegawai selama setahun.

Diklat e-learning UU Cukai dengan jumlah peserta sebanyak 2272 pegawai ini merupakan kelanjutan dari Undang-Undang Kepabeanan yang telah lebih dulu dilaksanakan. Kedua pelatihan tersebut juga sebagai prasyarat untuk mengikuti Pelatihan Teknis Dasar Kepabeanan dan Cukai yang dikhususkan bagi pegawai DJBC.

Peserta diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan (activities) dalam Learning Management System (LMS) selama periode studi mandiri untuk dinyatakan “Telah Mengikuti” pelatihan ini.  Kegiatan pembelajaran dibuat dalam rangkaian kegiatan yang sekuensial (bertahap) artinya peserta diharuskan menyelesaikan satu tahap kegiatan (acitivity) sebelum masuk ke kegiatan berikutnya.

Baca Juga :

Terdapat 9 materi yang dipelajari dalam pelatihan ini dengan 3 fasilitator yang berasal dari widyaiswara Pusdiklat Bea Cukai. Pertama. Wisnu Nugrahini untuk materi konsep dasar cukai, histori undang-undang cukai serta objek dan subjek cukai. Kedua, Ribut Sugianto yang memfasilitasi materi tentang perijinan cukai, produksi BKC dan pelunasan Cukai.

Terakhir, Desak Ketut Juniari Cameng yang menjadi fasilitator untuk materi tentang Kemudahan Pembayaran dan fasilitas cukai, pemasukan pengeluaran pengangkutan dan perdagangan serta penagihan dan pengembalian.

Setelah mengikuti materi, untuk menguji hasil pembelajaran terdapat kuis untuk setiap mata diklat. Peserta harus memperoleh nilai minimal 80 poin untuk dapat lanjut ke materi berikutnya. Jika belum mencapai 80 poin, peserta dapat ‘Retake Quiz” dan mempelajari kembali materi sebelum mengulang kuis. Untuk nilai kuis yang diambil adalah hasil pengerjaan pada kuis terakhir.

Selain itu, terdapat forum diskusi diperuntukkan bagi para peserta dan fasilitator untuk saling berinteraksi selama periode e-learning berlangsung. Peserta diharapkan turut aktif dalam Forum Diskusi dengan mengajukan dan/atau menjawab pertanyaan atau sharing pengalaman mengenai cukai. Di akhir diklat, para peserta diwajibkan untuk mengisi masukan kepada penyelenggara melalui form yang telah disediakan.

Share this article.

Leave a Reply

Close Menu
×