Customs Goes To School (CGTS) SMP IT Nurul Fajar

bcbogor.beacukai.go.id – Dramaga, BOGOR – Sebagai bentuk pengenalan sejak dini tentang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai Bogor menggelar acara Customs Goes To School (CGTS) di SMP Islam Terpadu (IT) Nurul Fajar dan TK Fatimah yang berlokasi di Desa Cikarawang, Dramaga, Bogor. Program CGTS merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk pelajar dari berbagai tingkatan yang bertujuan untuk membuka wawasan tentang tugas, fungsi dan peran Bea Cukai di masyarakat.

Kepala Sekolah SMP IT, Moh. Sopian bersama para Tenaga Pengajar menjadi saksi keseruan Tim Kreatif Bea Cukai Bogor mengemas acara CGTS yang edukatif dan menghibur. Para Siswa yang terdiri dari kelas 7, 8, dan 9 diperkenalkan dengan tugas-tugas Bea Cukai sebagai salah satu instansi Kementerian Keuangan yang berperan dalam menjaga Indonesia dari masuknya barang-barang terlarang seperti narkoba dan barang berbahaya lainnya.

Kepala Kantor, Moh. Saifuddin turut hadir di tengah keseruan para siswa yang terbagi dalam 3 ruangan. Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Haryo Sendiko yang menjadi salah satu pemateri nampak larut dalam keceriaan para siswa.

Mereka pun kini tahu, bahwa Petugas Bea Cukai hadir sebagai garda terdepan dalam mengawasi arus keluar masuk barang dari dan ke dalam daerah pabean sekaligus melayani masyarakat, baik itu Pelabuhan, Bandar Udara (Bandara) bahkan hingga daerah perbatasan.

Hal yang menarik ketika para siswa diajak bermain peran menjadi petugas Bea Cukai dengan arahan dari Tim Kreatif. Selain itu, ada berbagai games menarik yang mengundang antusiame dari para siswa hingga usai acara.

Tak kalah dengan siswa SMP IT Nurul Fajar, anak-anak TK Fatimah juga diberikan pengenalan tentang Bea Cukai melalui lomba mewarnai sosok pegawai Bea Cukai, bernyanyi dan bermain puzzle bersama.

Salah satu Tim Kreatif yang akrab disapa Kak Nuri, menceritakan pengalamannya dalam membagikan kisah heroik petugas Bea Cukai.

“Keceriaan dan senyum mereka adalah pelipur lara bagi saya. Semoga para generasi penerus kita ini, bisa mengharumkan bangsanya kelak” ucapnya.

Diharapkan dengan adanya acara CGTS ini, para siswa dapat lebih mengenal Bea Cukai, memahami tugas dan tanggung jawab yang diemban sehingga ke depannya bisa memberikan kontribusi positif untuk Indonesia.

Share this article.

Leave a Reply

Close Menu