Customs Broadcasting Academy 2021, Semua Bisa Siaran

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) mengadakan sebuah acara yang sangat menarik khususnya bagi agen kehumasan Bea Cukai yaitu Customs Broadcasting Academy 2021.

Mengambil tema “Semua Bisa Siaran”acara ini diselenggarakan guna membangkitkan semangat pegawai Bea Cukai untuk berkarya melalui dunia penyiaran. Semakin berkembangnya dunia digital, membuat siaran menjadi salah satu lahan strategis sebagai sarana penyampaian penyuluhan dan layanan informasi di bidang kepabeanan dan cukai.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 9-10 Juni 2021 ini, diikuti oleh perwakilan agen kehumasan Kantor Bea Cukai seluruh Indonesia. Dengan mengundang pembicara yang asik dan menarik, kegiatan ini diikuti oleh para peserta dengan sangat antusias. Tak ketinggalan, Bea Cukai Bogor pun ikut menyemarakan kegiatan ini dengan mengirimkan 2 (dua) perwakilan pegawai humasnya, Gusti Ayu Putu Shinta Devi Meliana dan Yustika Dwiana Maharani.

“Dalam melakukan wawancara on the spot, kita harus memegang rumus 5W + 1H dalam mengajukan pertanyaan kepada narasumber serta penting bagi kita untuk memegang beberapa informasi kunci dengan melakukan research cepat” Ungkap Ratu Nabila, Pembawa Berita CNN TV.

Sebagai seorang penyiar yang baik kita harus menerapkan prinsip-prinsip sebagai berikut :

  1. Penyiar harus lebih pintar dari pendengarnya (wawasan, imajinasi, olah kata)
  2. Sebelum siaran posisikan diri sebagai pendengar, hal apa yang ingin dan menarik buat kita dengar (kenali dulu pendengar seperti apa)
  3. Bayangkan kita sedang bicara dengan orang yang kita kenal

Di akhir sesi diadakanlah kegiatan sharing session terkait suka duka menjadi agen kehumasan di Bea Cukai.
“Seringkali kami harus menggunakan alat-alat yang sederhana dan terbatas dalam membuat sebuah konten, besar harapan kami Kantor Pusat dapat membantu pengadaan alat-alat broadcasting agar kedepannya karya yang kami hasilkan lebih baik kualitasnya” Kata salah satu pegawai dalam sharing session tersebut.

Customs Broadcasting Academy 2021, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan menggelorakan lagi semangat agen kehumasan Bea Cukai untuk menghidupkan penyiaran sebagai salah satu sarana penyampaian informasi, dan diharapkan ilmu-ilmu yang telah didapat dalam kegiatan ini dapat diterapkan dengan baik.

Share this article.

Leave a Reply