Bogor Customs Cycling Club Kampanye Gempur Rokok Ilegal

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Dalam rangka menurunkan tingkat peredaran rokok ilegal di wilayah pengawasan Bea Cukai Bogor, komunitas olahraga sepeda ‘Customs Cycling Club (CCC) Macan Bogor’ melakukan kampanye Gempur Rokok Ilegal, Sabtu (20/06).

Menempuh rute Kantor Bea Cukai Bogor menuju Bukit Hambalang yang terletak di daerah Sentul Bogor, para pesepeda berolahraga dengan semangat sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang ciri-ciri rokok ilegal antara lain rokok dengan pita cukai palsu, pita cukai berbeda, pita cukai bekas dan rokok polos atau tanpa pita cukai.

Kampanye ini merupakan tindaklanjut dari instruksi Direktur Jenderal nomor INS-01/BC/2019 dengan harapan tidak ada lagi pelanggaran cukai baik produksi, perizinan maupun peredaran sehingga penerimaan sektor cukai dapat lebih optimal.

Keberhasilan DJBC dalam menekan angka peredaran rokok ilegal dari tahun ke tahun menunjukkan angka yang positif. Terbukti pada 2017, angka ini berhasil ditekan sebesar 12 persen, 2018 menjadi 7 persen, 2019 menjadi 3 persen dan tahun ini ditargetkan menjadi 1 persen.

Selain mensosialisasikan tentang pengenalan rokok ilegal, para pesepeda yang merupakan pegawai Bea Cukai Bogor ini memasang sticker dan memberikan buku panduan ‘STOP Rokok Ilegal’ kepada beberapa pemilik toko yang dijumpai sepanjang perjalanan.

Kampanye anti rokok ilegal akan secara rutin dilakukan dengan upaya-upaya lainnya seperti pelaksanaan operasi pasar, analisis aturan-aturan terkait, koordinasi dan sinergi dengan APH serta langkah strategis lain yang telah dirumuskan.

Share this article.
Close Menu
×