BINTAL PARENTING – Kiat-Kiat Mendidik Anak di Masa Pandemi “Mendidik bukan Mendadak”

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar. (QS. Al Anfal 27-28)

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Masih dalam suasana pekan disiplin, Bea Cukai Bogor mengadakan Pembinaan Mental  (bintal) Pegawai Muslim bertema Parenting dengan tajuk “Mendidik Bukan Mendadak – Kiat Mendidik Anak di Tengah Pandemi”, Rabu (23/09), bersama Ustadz Nunu Zainul Fuad, Penulis 11 buku MISI Motivasi Inspirasi Spiritual Islami yang juga Direktur Utama PT JLEBB Inti Karakter.

Motivator yang akrab disapa Kang Zain ini memberikan materi bintal dihadapan para pegawai, baik yang hadir secara langsung di ruangan open space lantai 1 maupun yang menyimak secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan Youtube Streaming Bea Cukai Bogor.

Berangkat dari ayat Al Quran diatas, Kang Zain menyampaikan bahwa anak adalah amanah dan Allah SWT melarang kita mengkhianati amanah yang telah dipercayakan. Oleh karena sifatnya hanya titipan, maka sudah sepantasnya sebagai orang tua menghindari sifat kemelekatan atau rasa memiliki yang sangat kuat yang membuat anak cenderung tidak berkembang. Seperti anak panah yang tidak dilepaskan dari busurnya, maka hasilnya akan sia-sia.

“Banyak orang tua yang khawatir, tidak mau bersabar secara optimal atas apa yang Allah SWT titipkan, terhadap perilaku dan karakter anak, sehingga tidak mampu bersabar yang mengakibatkan kita keluar dari jalur yang benar” kata Kang Zain.

Ayah dari 3 orang putra ini pun melanjutkan, pendidikan anak adalah sebuah proses layaknya kita menanam pohon. Proses Mendidik bukan Mendadak adalah ketika kita sudah berproses sebagai orang tua yang beriman dan beramal saleh, kemudian memberi suri tauladan yang baik serta memberi nasehat dan siap pula untuk dinasehati.

“Bangunlah komunikasi yang asertif, yakni tegas, adil dan terbuka. Caranya yaitu pastikan kita sudah nyaman atas pendidikan orang tua terhadap diri sendiri, berdamai dengan masa lalu dan berlapang dada dalam mendidik anak dengan cara bersabar” kata sosok dibalik situs www.jlebb.com dan Channel Youtube Kang Zain Jlebb & Jlebb Inti Karakter ini.

Kemudian, Kang Zain bagikan kiat cara cepat dalam mendidik anak dengan lakukan 5 langkah ini secara berurutan.

“Beri pernyataan yang anda rasakan, ajukan pertanyaan kepada anak, lalu boleh memberikan perintah yang diikuti dengan larangan dan terakhir berikanlah apresiasi sebagai bentuk perhatian kita” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Kantor Edwan Isrin yang turut hadir dalam bintal berharap, masa pandemi dapat dijadikan sebagai moment berkumpul dan memperbaiki hubungan dengan Sang Pencipta, orang tua dan anak-anak tercinta.

Oleh karena pendidikan anak adalah tanggung jawab orang tua, maka semoga tips-tips dan metode islami dalam mendidik anak yang disajikan narasumber dapat diterapkan di masa pandemi ini sehingga kita bisa menjadi orangtua yang berlapang hati dan insyallah dapat menjadikan anak-anak yang sholeh sholehah.

Share this article.
Close Menu
×