Bersama Pemkab Bogor, Bea Cukai Sosialisasikan DBHCHT dan Identifikasi Rokok Ilegal kepada Ratusan Petugas Linmas

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Pada Pekan kedua Sosialisasi Cukai DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor, Bea Cukai Bogor kembali mengedukasi masyarakat tentang cukai dan rokok illegal di dua tempat yang berbeda.

Pada Selasa (26/11), bertempat di Hotel M-One, Sentul, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Haryo Sendiko sukses meraih perhatian 140 anggota petugas Linmas (Perlindungan Masyarakat) Kabupaten Bogor dalam memahami cukai dan peranannya dalam penerimaan negara.

Pada pemaparan yang dilaksanakan selama satu jam tersebut, Haryo juga menjelaskan tentang pemanfaatan DBHCHT antara lain untuk pembinaan industri dan lingkungan sosial, pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal dan sosialisasi ketentuan di bidang Cukai.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VI, Sasmita yang juga menjadi narasumber, hadir memaparkan hal serupa pada sosialisasi yang digelar di Resort Prima, Cipayung pada Rabu (27/11) bersama dengan perwakilan Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor yang menjelaskan tentang bahaya penggunaan rokok bagi kesehatan.

Kepala Bidang Tertib Niaga Disdagin Kabupaten Bogor mengatakan, sosialisasi ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan antara Bea Cukai dan Disdagin Kabupaten Bogor dalam upaya mewujudkan program kerja yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bogor yaitu “Panca Karsa Kabupaten Bogor” yaitu Karsa Cerdas, Karsa Sehat, Karsa Maju, Karsa Membangun dan Karsa Berkeadaban. Ia ingin setiap lapisan masyarakat memahami hal-hal baru yang bermanfaat untuk pembangunan Kabupaten Bogor, termasuk pengetahuan cukai yang wajib diketahui.

Ia menegaskan bahwa maksud dan tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan Petugas Linmas tentang peraturan cukai dan meningkatkan kesadaran sebagai pelindung masyarakat. Dengan total peserta sebanyak 700 orang dari 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor, Ia berharap Para Petugas Linmas tersebut dapat memahami aturan tentang cukai dan DBHCHT serta membantu Bea Cukai dalam memerangi peredaran Rokok Ilegal di masyarakat.

Share this article.

Leave a Reply

Close Menu