Berkenalan dengan Produsen Sepatu NIKE di Sukabumi

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Pernahkah terfikir dalam benak anda, brand terkenal sepatu sekelas NIKE yang banyak dicari oleh masyarakat di seluruh dunia, ternyata di produksi di Indonesia? Dan nyatanya, salah satu produsen sepatu merek terkenal itu telah ada sejak 1989.

Adalah PT Pratama Abadi Industri (PT Pratama), Foreign Investment Company yang memiliki sejarah terlama dalam memproduksi sepatu atletik berkualitas tinggi merek NIKE di Indonesia.

Perusahaan ini telah dikenal oleh masyarakat sebagai produsen sepatu yang mampu menyerap banyak tenaga kerja karena lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin. Saat ini saja, karyawannya telah mencapai lebih dari 33.200 orang (41 lines).

Fakta lainnya, perusahaan yang berpusat di Serpong, Tangerang ini, juga memiliki pabrik di Sukabumi. Di atas lahan seluas 273.934 meter persegi, PT Pratama telah memasuki periode modernisasi sejak 2011.

Keberhasilan ini tentu saja melibatkan berbagai pihak, baik dari perusahaan itu sendiri maupun dari pihak eksternal dan Bea Cukai menjadi salah satunya. Fasilitas Kawasan Berikat yang dimiliki oleh PT Pratama menjadi bekal perusahaan ini dalam mengekspansi bisnisnya. Kehadiran Bea Cukai diakui pihak perusahaan sangat membantu dalam setiap proses customs clearance.

Sederet fakta tersebut disampaikan oleh Manager Exim PT Pratama, Faisal saat melakukan presentasi di depan Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Selasa (14/01). Kunjungan Kepala Kantor ke perusahaan yang terletak di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur ini dalam rangka Customs Visit Customer yang merupakan salah satu program kerja Bea Cukai dalam menjalin sinergi dengan stakeholder

Faisal mengatakan, PT Pratama memiliki pengamanan yang tak biasa. Security Personnel dan CCTV 24/7, Customs Supervision Bonded Zone Area, serta Physical Check Metal Detector dan Under-Car Mirror adalah sebagian dari Main Gate Procedure di perusahaannya.

“Ada pula Employee Identification, yaitu pemakaian seragam berbeda warna untuk karyawan di setiap factory atau unit. Kami juga melakukan control terhadap karyawan dengan finger print dan ID Card” tambah Faisal.

PT Pratama menerapkan ERP System (Enterprise Resource Planning), yang mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis pada operasi produksi maupun distribusi melalui UPC Label dan UCC label scan. Keamanan produk sangat dijaga mulai dari proses stacking, stuffing, hingga sealing dan delivery.

Pimpinan Cabang PT Pratama, Kim Yong Ki yang akrab disapa Mr. Kim menambahkan, perusahaannya telah menerapkan GPS Technology dan pendampingan security guard di setiap pengiriman produk sepatu NIKE yang diproduksi.

Saat ditanya, apakah perusahaan bersedia untuk menjadi Kawasan Berikat Mandiri, Mr. Kim tersenyum. Dengan beragam keunggulan yang dimiliki, perusahaannya masih akan berbenah kembali mengingat masih ada berbagai kendala yang dihadapi.

Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Tatang Yuliono, berjanji akan senantiasa memberikan dukungan penuh terhadap perusahaan sehingga ke depannya PT Pratama dapat menjadi perusahaan yang mampu mendorong ekspor nasional dan dapat memberikan dampak ekonomi yang positif bagi perekonomian bangsa. (PLI BC Bogor – dhy)

Share this article.
Close Menu
×