Bea Cukai Bogor Sosialisasikan DBHCHT kepada masyarakat

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Kembali bersinergi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor dalam mensosialiasikan ketentuan cukai, Bea Cukai Bogor hadir sebagai narasumber Sosialisasi Ketentuan di bidang Cukai di Hotel Duta Berlian, Dramaga, Bogor.

Dihadapan para anggota Linmas Kota dan Kabupaten Bogor, Kepala Seksi Pelayanan dan Kepabeanan Cukai I, Toni Karlinda dan Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi memberikan informasi seputar cukai, identifikasi rokok ilegal dan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Sosialisasi diadakan selama tiga hari, yaitu pada 11-13 Nopember 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 250 orang.

Sosialisasi dilakukan dalam mendukung upaya Pemerintah memberantas peredaran Barang Kena Cukai ilegal. Selain itu, informasi DBHCHT yang disampaikan akan sangat bermanfaat untuk masyarakat terkait tujuan dan alokasi dana antara Bea Cukai dan Pemerintah Daerah.

DBHCHT adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah penghasil cukai berdasarkan angka persentase tertentu dari pendapatan negara. Dana tersebut dapat digunakan oleh daerah penghasil cukai salah satunya untuk pembiayaan kegiatan sosialisasi peraturan di bidang cukai.

Para peserta juga diajak untuk mengidentifikasi rokok ilegal melalui alat deteksi pita cukai yang telah disediakan. Banyaknya pertanyaan yang disampaikan menunjukkan antusiasme peserta dalam memahami manfaat cukai dan bahaya rokok ilegal.

Semoga dengan adanya sosialisasi ini, bisa menambah wawasan peserta sehingga mampu menjadi agen informasi kepada masyarakat dalam menyampaikan ketentuan cukai. Bea Cukai Bogor juga berharap, masyarakat dapat proaktif melaporkan setiap kejadian yang diduga melanggar aturan cukai seperti peredaran rokok ilegal sehingga bisa segera ditindaklanjuti.

Baca Berita Menarik Lainnya :

Share this article.

Leave a Reply

Close Menu