BEA CUKAI BOGOR HADIRKAN KLINIK KONSULTASI EKSPOR GUNA TINGKATKAN LAYANAN DAN KEMUDAHAN BAGI EKSPORTIR

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Dalam rangka melakukan pelayanan informasi serta mengoptimalkan fungsi DJBC yaitu Industrial Assistance, Bea Cukai Bogor menghadirkan Klinik Konsultasi Ekspor guna memberikan dukungan penuh terhadap dunia industri dan perdagangan sebagai aspek penting dalam menjaga pertumbuhan ekonomi dan usaha nasional.


Melihat besarnya profil investasi para pelaku usaha wilayah Bogor di bidang ekspor, Bea Cukai Bogor mencoba memanfaatkan layanan konsultasi yang kemudian disebut Klinik Ekspor yang merupakan layanan konsultasi yang diadakan oleh Bea Cukai Bogor sebagai bentuk dukungan kepada Pengguna Jasa termasuk perusahaan dan industri kecil menegah terkait kegiatan ekspor.
Pada kunjungannya dalam rangka konsultasi fasilitas kepabeanan PT. Abbot Kamis (17/06),  bertempat di Bilik Layanan Konsultasi Bea Cukai Bogor, Sasmita selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabean dan Cukai VI memberikan penjelasan tentang fasilitas yang dapat dimanfaatkan setelah mendengar proses bisnis, rencana bisnis , dan profil PT Abbot yang ternyata pernah menggunakan fasilitas KITE Pengembalian.

“Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Pembebasan atau Fasilitas Kawasan Berikat dapat menjadi pilihan fasilitas untuk PT Abbot, berfokus pada fasilitas KITE Pembebasan maka sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-160/PMK.04/2018 KITE Pembebasan adalah fasilitas pembebasan BM serta PPN / PPN & PPnBM tidak dipungut atas impor atau pemasukan barang dan bahan yang berasal dari luar daerah pabean untuk Diolah, Dirakit, atau Dipasang pada barang lain dengan tujuan untuk diekspor.” Jelas, Sasmita.

PT Abbot sendiri merupakan perusahaan di bidang farmasi, yang telah memproduksi berbagai jenis obat-obatan atau produk Kesehatan lainnya, yang berlokasi di Jalan Raya Jakarta Bogor. Dalam kunjungannya Eri perwakilan PT Abbot yang hadir menjelaskan bahwa PT Abbot condong berorientasi melaksanakan kegiatan ekspor kedepannya dan mengharapkan mendapatkan pendampingan oleh Bea Cukai Bogor dalam proses mengajukan fasilitas kepabeanan.

“Bea Cukai Bogor siap memberikan pembekalan maupun pendampingan untuk PT Abbot dan akan memberikan pelayanan penuh juga konsultasi dalam pilihan pengajuan fasilitas karena ini sejalan dengan tujuan Klinik Ekspor yaitu mendorong minat para pelaku usaha, pengguna jasa dan IKM di bawah wilayah pelayanan Bea Cukai Bogor yang memiliki keunggulan kompetetif dan potensi dengan cara memberikan pelayanan informasi, pendampingan, dan pembekalan terkait prosedur kegiatan ekspor.” Pungkas, Sasmita.

Share this article.