Audiensi PWRI bersama Bea Cukai Bogor

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Rabu (10/08/2022) Bea Cukai Bogor bersama Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI) Bogor Raya melaksanakan audiensi yang dilaksanakan secara langsung di ruang rapat lantai 2 KPPBC TMP A Bogor.

Acara dibuka oleh Wahyu Setyono Widyobroto selaku Kepala Seksi Penyuluhan. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada perwakilan DPC PWRI yang sudah datang ke Bea Cukai Bogor. Dalam sambutannya, beliau mengenalkan Bea Cukai secara umum termasuk tugas pokok dan fungsinya serta mengenalkan Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi yang beliau pimpin.

“Fungsi utama Bea Cukai antara lain revenue collector (memungut penerimaan negara), community protector (melindungi kepentingan masyarakat), trade facilitator (memberikan fasilitasi perdagangan melalui berbagai upaya strategis), dan industrial assistance (memberikan dukungan kepada industri dalam negeri),” jelasnya.

“Kami selaku Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi dapat disebut humas dalam Bea Cukai Bogor. Semua kegiatan yang kami lakukan dibuatkan publikasi dan dilaporkan ke kantor pusat dan publikasi lebih lanjut melalui media massa dilaksanakan oleh Direktorat Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa pada Kantor Pusat Bea Cukai”, jelasnya lanjut.

Selanjutnya, Rohmat Selamat, S.H. M.Kn selaku Ketua PWRI Bogor Raya menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya.

“Kami datang kemari bermaksud untuk melakukan Audiensi dan Silaturahmi guna menyamakan persepsi dalam membangun moral wartawan yang ada di wilayah Kota dan kabupaten Bogor. Kami juga ingin tahu lebih dalam tugas pokok dan fungsi Bea Cukai seperti yang sudah disampaikan dan bagaimana Bea Cukai melakukan pencegahan atas pelanggaran yang banyak terjadi,” ungkapnya.

Dalam upaya pencegahan atas pelanggaran yang banyak terjadi, Wahyu menjelaskan bahwa Bea Cukai telah melakukan banyak upaya untuk mencegah pelanggaran yang marak terjadi, diantaranya profiling, crawling, koordinasi dengan instansi terkait, dan pemanfaatan DBHCHT dalam penegakan hukum untuk melaksanakan sosialisasi.

Pada akhir acara, Chandra Doso, S.IP selaku Sekretaris PWRI Bogor Raya menyampaikan permintaan untuk memberikan sosialisasi tentang Barang Kena Cukai Ilegal kepada PWRI. Permintaan tersebut disambut baik oleh Bea Cukai Bogor.

Diharapkan dengan adanya acara ini, terjalin sinergi dan komunikasi yang baik antara Bea Cukai Bogor dan PWRI. Acara ditutup dengan foto bersama.

Share this article.