Tips Mengelola Keuangan Pribadi, Bea Cukai Bogor Laksanakan Focus Group Discussion

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Selasa (07/09/2022) Masih dalam rangkaian agenda rutin bulanan, Bea Cukai Bogor melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) usai rapat DKO. Peserta FGD terdiri dari para pejabat eselon IV dan pemeriksa bea dan cukai pertama yang ditugaskan pada dinas dalam oleh Kepala Kantor, serta secara daring melalui zoom meeting oleh seluruh pegawai.

FGD kali ini mengangkat tema “Memupuk Cinta Negeri Melalui Pengelolaan Keuangan Pribadi” dengan Plt. Kepala Kantor, Ade sebagai narasumber.

Pada kesempatan ini, Ade memaparkan proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana.

“Siklus kehidupan finansial PNS dimulai dari pegawai baru, level staf menengah, level staf senior/eselon IV, level staf senior/eselon IV/eselon III, dan masa persiapan pensiun. Selanjutnya kita harus dapat menentukan akan memilih menjadi ASN “Jeprut” (Jelang masa pensiun (masih) terjerat utang) atau ASN “Jempolan” (Jelang masa pensiun punya berbagai opsi penghasilan),” jelas Ade.

Kemudian Beliau juga memaparkan tentang langkah perencanaan keuangan, mengukur kesehatan financial, pengelolaan keuangan yang baik dan perlunya investasi.

Diharapkan materi yang disampaikan dalam FGD ini dapat bermanfaat untuk seluruh pegawai, terutama bagi para milenial dalam merencanakan keuangan dan persiapan sampai hari tua.

Share this article.

Leave a Reply