Gandeng PWRI, Bea Cukai Bogor Laksanakan Sosialisasi Cukai dan Rokok Ilegal

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Bea Cukai Bogor menyelenggarakan Sosialisasi Identifikasi Pita Cukai dan BKC Ilegal Tahun 2022 pada Rabu (08/09/2022). Acara yang diselenggarakan di Aula lantai 3 KPPBC TMP A Bogor ini mengundang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Bogor Raya.

Untuk membangkitkan semangat dan rasa cinta terhadap Bangsa, para peserta sosialisasi secara bersama menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan doa dan pemutaran video induksi keselamatan oleh Bea Cukai Bogor.

Pada kesempatan berikutnya, Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Ade memberikan sambutan dan perkenalan singkat tentang Bea Cukai Bogor.

“Visi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai adalah menjadi Institusi Kepabeanan dan Cukai Terkemuka di Dunia. Sedangkan Misinya adalah Memfasilitasi Perdagangan dan Industri, Menjaga Perbatasan dan Melindungi Indonesia dari Penyelundupan dan Perdagangan Ilegal, Mengoptimalkan Penerimaan Negara di Sektor Kepabeanan dan Cukai,” jelasnya.

“Selamat datang di Bea Cukai Bogor. Kantor Bea Cukai Bogor mengawasi enam wilayah yaitu, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Bogor,” lanjutnya.

Beliau juga memaparkan tentang realisasi penerimaan dan kegiatan penindakan yang sudah dilakukan tim P2 (Penindakan dan Penyidikan) Bea Cukai Bogor.

Agenda berikutnya, masuk ke pemaparan materi oleh Wahyu Setyono Widyobroto selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Beliau menjelaskan tentang Cukai, jenis Barang Kena Cukai dan ciri-ciri rokok ilegal.

“Ciri-ciri rokok ilegal antara lain polos/tanpa pita cukai, menggunakan pita cukai palsu, menggunakan pita cukai bekas, menggunakan pita cukai salah personalisasi, atau menggunakan pita cukai salah peruntukan,” jelasnya.

Sebagai intermeso namun masih terkait materi, para peserta sosialisasi menyaksikan bersama video perjalanan maestro menemukan pita cukai ilegal.

Pada akhir acara, dalam rangka menguji pemahaman peserta sosialisasi, diadakanlah kuis untuk membedakan rokok legal dan ilegal. Kuis berlangsung dengan sangat meriah karena seluruh peserta antusias dan bersemangat.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan peserta tentang cukai dan rokok ilegal dan terjalinnya tali silaturahmi dapat meningkatkan sinergi antara Bea Cukai dan PWRI Bogor Raya.

Share this article.

Leave a Reply